Dalam tradisi Gereja Katolik, Paduan Suara mengambil peran sebagai  motor nyanyian umat dalam Perayaan Ekaristi.Hal ini tertuang dalam Pedoman Umum Misa Romawi  (PUMR)  nomor103 dengan bunyi :  “ Paduan suara atau  kor melaksanakan tugas liturgi tersendiri ditengah umat beriman. Dengan memperhatikan aneka ragam nyanyian, paduan suara harus melaksanakan tugasnya secara tepat untuk menopang partisipasi aktif umat beriman dalam menyanyi.”

Dengan demikian,Gereja menginginkan PERAYAAN EKARISTI menjadi lebih hidup dengan adanya nyanyian yang ditopang oleh hadirnya sekelompok paduan suara yang terlatih.

PERAYAAN EKARISTI merupakan puncak perayaan KEBERSAMAAN hidup umat beriman, dimana misteri keselamatan dinyatakan . Oleh karena itu selayaknya seluruh umat dapat berpartisipasi secara aktif dalam Perayaan terkhususnya dalam Nyanyian Liturgi. Kebersamaan ini dapat diwujudkan dalam  menyanyikan ORDINARIUM (Tuhan Kasihanilah Kami, Kemuliaan, Kudus, & Anak Domba Allah)  yang mana umat dan Paduan suara dapat saling bergantian/bersahutan dalam mendaraskannya. Selain itu,  kebersamaan dapat pula timbul dan hidup ketika paduan suara dapat menjadi pemandu umat dalam bernyanyi dengan memberikan interpretasi penjiwan/penghayatan yang mengarah kepada rasa syukur & memuliakan Tuhan.

Dalam rangka itulah, Paroki Santo Yakobus – Mariso mencetuskan pemikiran untuk menstimulan kelompok rukun agar membangkitkan kembali paduan suaranya melalui kegiatan  pesta paduan suara paroki yang diwujudkan dalam lomba paduan suara antar rukun.

Adapun tema dari kegiatan ini diambil dari Mazmur 150 :1 “HALELUYA ! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya!”.  Tema ini mengajak kita sekalian bersama-sama memuliakan Allah dalam Nyanyian Liturgi, melalui pelayanan paduan suara rukun di dalam ruang lingkup Paroki Santo Yakobus – Mariso.

 

Selamat Memberikan yang terbaik untuk Tuhan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI !

Selengkapnya bisa dilihat disini https://santoyakobusmariso.com/wp-content/uploads/2019/03/Lomba-Padus-LPSR-1.pdf

Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *