Paroki Santo Yakobus Mariso mengadakan Seminar Tokoh Umat dan Pengurus Rukun pada hari Kamis, 19 Juli 2018 di Aula Seminari Menengah Santo Petrus Claver. Seminar yang diikuti oleh 124 orang yang terdiri dari 28 rukun mengangkat tema “Mengoptimalkan Peran Rukun dalam Melayani Umat”.

 Menurut Pastor Felix Layadi dan Pastor Herman Panggalo sebagai narasumber, pemahaman peserta tentang komunitas dalam Paroki pasti sudah banyak. Pastor Felix menambahkan bahwa keberadaan rukun/lingkungan memang sesuatu yang khas dalam Gereja Katolik di Indonesia, dibandingkan dengan negara-negara di Eropa yang tidak mengenal keberadaan rukun/lingkungan, juga tidak dimuat dalam dokumen gereja universal. Meski demikian, fakta menunjukkan gereja bertumbuh dan berkembang melalui rukun manakala pengurus optimal melaksanakan perannya sesuai yang tersurat dalam Pedoman Dasar Pastoral Paroki KAMS 2016. Selain itu, rukun menjadi ujung tombak untuk menggairahkan kehidupan gereja dengan melaksanakan  5 unsur dasar kehidupan menggereja, yakni, ibadah/leiturgia, pewartaan/kerygma, kesatuan/koinonia,  pelayanan/diakonia, dan kesaksian/martyria. Melalui cara hidup menggereja yang demikian, rukun sungguh-sungguh menjadi bagian dari paroki yang menghidupi gereja. Kelima unsur dasar tersebut dapat dikembangkan menjadi program aksi oleh pengurus rukun bersama anggotanya. Kelima unsur dasar tersebut juga menjadi bahan refleksi sejauh mana rukun sungguh-sungguh telah memiliki kesadaran sebagai gereja dalam arti yang hakiki.

Lebih jauh Pastor Felix menegaskan bahwa rukun bukanlah wadah yang otonom tapi wajib hukumnya mengikuti kebijakan pastoral paroki, berarti bukan bagian dari hirarki gereja universal. Sementara Pastor Herman mengungkapkan kebijakan pastoral paroki tentang pelayanan pastoral serta tata kelola keuangan rukun. Antusiasme peserta dalam seminar ini cukup tinggi terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang banyak dan berbobot.

(Narasumber: Geis Bertus Lethe – St. Maria Immaculata)

Tag pada:                            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *